Wednesday, March 30, 2011

Penemuan Spesies Katak Unik

Share on:

Penemuan spesies katak unik ini membuat gambaran bahwa keunikan dunia semakin banyak. Sebuah spesies baru "katak berwarna cerah" telah ditemukan di sebuah puncak terpencil di bagian selatan India, para ilmuwan telah diberitahu. Amfibi ini oranye kemerahan, melihat di Eravaikulam Taman Nasional pegunungan Ghats Barat, telah bernama resplendens Raorchestes.

Para ilmuwan menemukan katak pada ketinggian 2.698 m di atas permukaan laut di puncak Anaimudi. Ini mendiami daerah yang sangat kecil kurang dari tiga kilometer persegi.

Penemuan itu dilakukan oleh sebuah tim ilmuwan termasuk Dr SD Biju, dari Sekolah Studi Lingkungan di University of Delhi. Dalam penamaan spesies yang baru ditemukan resplendens Raorchestes, para ilmuwan telah membayar upeti kepada pelopor dalam bidang Herpetologi - studi amfibi.


Berikut ini adalah penuturan para ilmuwan tentang penemuan spesies katak :
 
Menurut pengamatan yang dilakukan oleh para ilmuwan, betina dari spesies baru mungkin kawin dengan banyak pejantan berkembang biak dan mungkin lebih dari sekali dalam satu musim.

Katak pohon juga memiliki anggota tubuh yang sangat pendek. "Ini telah menghasilkan perilaku yang lebih dirasakan merangkak," kata para peneliti. Para ilmuwan juga mengamati bahwa katak telur terkubur di bawah lantai hutan berlumut, jauh di dalam dasar rumpun bambu.

Katak ini mungkin merupakan contoh klasik dari "endemisme titik" pada amfibi, kata Dr Biju. Ini berarti bahwa spesies hidup dalam rentang yang sangat terbatas kondisi lingkungan, sehingga sangat rentan terhadap kepunahan. Tim mengatakan bahwa kurang dari seribu katak ini bertahan hidup dalam ekosistem yang unik yang kurang dari tiga kilometer persegi.

0 comments:

Design by KESELIP yang TERSELUBUNG Blogger Blog Templates

Design by KESELIP.BLOGSPOT.COM